• Paket Wisata Jogja Candi Borobudur

    Candi Borobudur merupakan salah satu Candi Buddha yang terletak di Magelang, Jawa Tengah tidak jauh dari Kota Yogyakarta. Keberadaannya tidak hanya terkenal di kancah nasional saja, namun juga tingkat international. Peninggalan sejarah yang menakjubkan ini begitu istimewa. Bagaimana batu-batuan disusun dan dibentuk sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah bangunan bernilai seni tinggi. Ini adalah salah satu paket wisata Jogja terbaik.

    Yogyakarta

    Tidak heran jika selain Candi Prambanan, Borobudur juga selalu menjadi sasaran wisata baik turis domestik ataupun turis asing. Hingga kini, Candi Borobudur masih berdiri dengan megah nan menawan tanpa menampakkan usia tuanya.

    Candi Borobudur

    Berbicara mengenai pendirinya, tidak ditemukan catatan yang jelas menyebutkan siapa yang mendirikan candi ini. Hanya saja, candi ini diketahui dibangun pada masa kejayaan Dinasti Syailendra.

    Candi Borobudur

    Selain itu, tidak ditemukan pula peruntukan candi ini dibangun untuk umat Hindu atau Buddha. Pada masa itu, dinasti Syailendra adalah penganut ajaran Buddha dengan aliran Mahayana.

    Namun ada juga temuan Prasasti Sojomerto yang menyatakan bahwa awalnya mereka menganut ajaran Hindu. Saat itu, banyak sekali pembangunan candi-candi di daerah Jawa dan digunakan sebagai tempat ibadah.

    Salah satu contohnya adalah Candi Shiwalingga. Namun melihat dari bentuk dan jenis stupanya, kemudian disepakati bahwa candi ini adalah peninggalan dari kerajaan Buddha.

    Berdasarkan temuan tertulis di kaki tertutup Karmawibhangga, candi ini diperkirakan dibangun sekitar kurun waktu tahun 760 sampai dengan 830 Masehi.

    Dibutuhkan setidaknya 100 tahun untuk menyelesaikan pembangunan candi ini dan diperkirakan selesai pada masa pemerintahan Raja Samaratungga. Bisa dikatakan bahwa candi ini benar-benar rampung sekitar tahun 825 masehi.

    Fakta Menarik Tentang Candi Borobudur

    Bagi anda yang penasaran dengan Candi Borobodur, berikut ini ada beberapa fakta penting dan menarik untuk diketahui, diantaranya adalah:

    1. Berusia 12 Abad

    Candi Borobudur hingga kini diperkirakan berusia sekitar 12 abad atau 1200 tahun an. Hal ini didukung dari penemuan-penemuan yang menyatakan pembuatan candi ini dimulai pada abad 8 atau 9 masehi.

    2. Pernah Terabaikan

    Beberapa bukti sejarah menyatakan bahwa keberadaan candi terbesar ini pernah dilalaikan. Hal ini terjadi pada sekitar abad ke 14 atau 15 masehi, yaitu ketika peradaban Hindu Buddha mulai berkurang di Indonesia. Tahun ini juga menandai masuknya agama islam ke bumi nusantara.

    Informasi Penting

    Candi Borobudur bisa dikatakan sebagai tempat wisata wajib yang harus dikunjungi ketika anda liburan ke Yogjakarta. Hampir semua orang pernah sekali mengunjungi tempat ini.

    Wisata Candi Borobudur

    Namun bagi anda yang belum pernah datang ke sini, berikut ini beberapa informasi yang bisa anda pergunakan, yaitu :

    Lokasi Alamat Candi Borobudur adalah Jl. Badrawati, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

    Akses Untuk menuju tempat ini, anda dapat menggunakan bus Transjogja jalur A menuju Jombor. Setelah itu, perjalanan dapat dilanjutkan dengan bus jurusan Jombor – Borobudur.

    Harga Tiket ( a. Untuk WNI, dewasa Rp 50.000 dan anak-anak Rp 25.000) (b. Untuk WNA, dewasa USD 15 dan anak-anak USD 8,-)

    Fasilitas Wisata Ada banyak sekali fasilitas wisata yang ada di sekitar candi Borobudur. Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan menemukan tempat menginap ataupun restoran terdekat. Selain itu, banyak pula kegiatan yang diadakan oleh panitia pengelola candi seperti festival budaya, acara musik, perayaan hari raya umat budha dan lain sebagainya.


  • Commentaires

    Aucun commentaire pour le moment

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Ajouter un commentaire

    Nom / Pseudo :

    E-mail (facultatif) :

    Site Web (facultatif) :

    Commentaire :